Selasa, 15 Februari 2011

twitter yang sebenarnya


udah pada kenal kan ama yang namanya twitter. Twitter ini dibuat ama Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams pada akhir Oktober 2006. Layanan ini memperoleh popularitas semenjak Maret 2007. menurut dari beberapa sumber yang terpercaya kalo sebenernya twitter itu dibuat bukan untuk jejaring pertemanan kayak facebook. Tapi lebih ke media untuk saling memberi informasi. Ni ada wawancara dengan si pembuat twitter.


Jadi disini mas evan itu lebih menekankan pada update nya suatu informasi daripada hanya sekedar status yang ga berbobot,,(hehe pisss). Jadi sebelum anda semua memiliki twitter lebih baik memahami dulu cara nyetatus twitter yang benar.
 Ok saatnya sekarang kita kupas tentang twitter dan gimana cara maennya. Karna jujur aja waktu pertama kali punya twitter aku bingung ini bedanya replay sama retweet apa ya? Hehe dan seiring berjalannya waktu terjawab sudah semuanya.
1.      What happening : bawahnya nanti ada kolom, ini sama kayak klo kita mau update status di facebook
    2.      HOME: sama kayak berandanya FB. List orang-orang yang sudah kamu follow akan muncul disana dengan berbagai macam updatenya.
    3.      Following: Adalah list orang-orang yang sudah kamu Follow. Untuk melihat siapa saja yang sudah kamu follow, tinggal kamu klik saja 'Following' itu.
    4.      Followers: adalah orang yang sudah mem-follow Twitter kamu. List berapa orang dan siapa saja yang memfollow Twitter kamu. Jika kamu mau melihat siapa saja yang sudah mem-follow kamu, tinggal klik saja "Followers".
    5.      Direct Message: itu sama saja seperti Inbox.
    6.      Favorites: Itu adalah Tweet (Tweet itu adalah status orang) yang diberikan untuk kamu. Jika kamu menyukainya, bisa kamu jadikan Favorites. Caranya nanti di pojok kanan bawah dari status itu ada gambar bintangnya, nah tinggal kamu klik aja ampe warnanya jadi kuning.
    7.      Kalau untuk yang lain saya rasa sudah jelas ya..hehe
    Kemudian ada beberapa istilah twitter, yaitu
    ·         Tweeps itu adalah orang-orang yang menggunakan Twitter.
    ·         Mentions : penggabungan dua nama
    Ex : abangjuki : rapatnya sebentar lagi akan dimulai @abangtoyib, @abangjablay buruan dateng.
    ·         Replay itu dari artinya aja udah jelas ya kalo mau ngebales atau ngejawab status orang kita bisa pakai replay.
    Contohnya ni : abangjuki : ada seminar di alun-alun (status)
                                 Abangtoyib : @abangjuki bayarnya berapa bang? (replies)
    Nah jadi di depanya ada @ en nama org yang statusnya mau kita bales.
    ·         Retweet sama dengan Forward, agar follower kita mengetahui apa yang kita utarakan. Jadi sebenernya ini ditujukan buat biar orang2 or follower kita tau apa yang kita bicarakan sebelumnya. Biar nyambung n orang yang diajak ngomong juga ga lupa sama topiknya. Kalo kita nge-retweet nanti bakalan tampil di home nya para follower kita. Jadi ya rada-rada menuhin home deh klo obrolannya itu ga jelas hehe
    Ex: abangjuki : ada seminar di alun-alun
          abangtoyib : bayarnya berapa bang RT@abangjuki ada seminar di alun-alun.
    Sekarang permasalahanya adalah banyak para pemula twitter yang menggunakan laptop or computer suka bingung kenapa hanya bisa replay aja, klo mau retweet koq malah ke share di wall profile kita (hehehe saya dulu begitu..). padahal kan pengen nge-retweet biar belakangnya ada tulisan RT nya (hedewwhhh).
    Hal ini tentu berbeda jika kamu ber-twitteran lewat BB karena ada beberapa program yang sudah teraplikasi sehingga kamu bisa langsung pake retweet dng tulisan RT dibelakangnya. Bisa pake ubertwitter (recommended), twixtreme, atau twitterberry.
    kalo hape : bisa snaptu, dabr, mobile tweete, semuanya bisa langsung RT. Sama mobile web.
    Kalo dari komp/lappy : bisa seismic (recommended), powertwitter, twihrl, tweetdeck (musti upgrade flash player dulu), twitzap (bisa langsung RT), twitscoop, twitiq (bisa RT langsung juga), dabr (bisa hp n komp, recommended).
    Tinggal pilih aja deh mana yang kalian suka en mana yang menurut kalian mudah untuk diaplikasikan. Inget gunakan twitter buat yang baek-baek, jangan ngomong jorok, jangan cari musuh apalagi buat ngemata-matain seseorang. Lain kalo kita follow artis idola lho ya hehe. Semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar